Penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) Tahun 2014

Penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) Tahun 2014
Oleh Wahyu Ibrahim – 27 March 2014 | 0 View

Kepada Yth :
1. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
2. Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I-XIV Seluruh Indonesia

Dalam rangka peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa, serta kecintaan terhadap bidang MIPA, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2014 dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Seleksi dilaksanakan secara berjenjang yaitu:
a. Seleksi Tahap I dilaksanakan dan diselenggarakan oleh perguruan tinggi masing- masing untuk memilih 7 (tujuh) orang mahasiswa per bidang (Matematika, Kimia, Fisika, Biologi) dan hasilnya dikirim untuk mengikuti seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah) yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 21-22 April 2014.

b. Seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah) dilaksanakan di 14 wilayah/regional (daftar terlampir)

c. Seleksi Tahap III (Tingkat Nasional) Seleksi Tahap III akan diikuti oleh maksimal 64 mahasiswa per bidang yang terdiri atas:

a. Juara I dan II hasil seleksi tahap II ON MIPA-PT Tingkat Wilayah;
b. Peserta terbaik dari PTS di masing-masing wilayah;
c. Juara II dan III OSN-Pertamina Kategori Teori tahun 2013;
d. Mahasiswa yang dikirim untuk mewakili Indonesia dalam mengikuti International Mathematics Competition pada tahun sebelumnya jika masih memenuhi persyaratan; Mahasiswa peraih nilai tertinggi seleksi Tahap II (selain butir a) secara keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal 64 mahasiswa. Pada Tahap III ini akan ditentukan 25 mahasiswa terbaik per bidang dengan pengelompokan: 4 peraih medali emas, 6 medali perak, 10 medali perunggu, dan 5 honorable mention.

2. Peserta adalah mahasiswa dari program studi Strata Satu (SI) perguruan tinggi dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, angkatan tahun 2010 atau sesudahnya, dan terdaftar sebagai mahasiswa sampai dengan tanggal 31 Agustus pada tahun pelaksanaan seleksi, berasal dari bidang ilmu MIPA atau yang relevan.

3. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan merencanakan akan mengirimkan delegasi mahasiswa berprestasi di bidang Matematika hasil ON MIPA-PT Tingkat Nasional
untuk mengikuti ajang International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria.

4. Mohon perguruan tinggi Saudara dan perguruan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah IXIV dapat mengusulkan nama-nama dan atau mendorong mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini dengan mengisi formulir terlampir dan mendaftar ke Kopertis Wilayah tersebut di atas pada tanggal 24 Maret s.d. 11 April 2014.

5. Kepada para pimpinan Kopertis Wilayah mohon bantuan untuk dapat memfasilitasi danatau mempersiapkan kegiatan dengan sebaik-bainya sesuai dengan ketentuan.
6. Pedoman Umum ON MIPA-PT dapat diunduh di http://dikti.kemdikbud.go.id
Atas perhatian, partisipasi dan kerjasama yang baik kami mengucapkan terima kasih

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan

TTD

Illah Sailah
NIP.195805211982112001

Sumber: http://www.dikti.go.id/?p=13760&lang=id